Headlines
Published On:Thursday, August 30, 2012
Posted by Bahar.Nor

Erosi Mengganas, Dua Rumah Ambruk

LHOKSUKON - Dua rumah warga Desa Blang Gunci, Paya Bakong, Aceh Utara, Selasa (28/8) amblas ke Krueng (sungai-red) Keureutoe di desa itu. Penyebab amblasnya dapur rumah M Adam (45) dan Ismail Basyah (50) itu adalah erosi sungai tersebut makin parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Ismail Basyah kepada Serambi, kemarin, menjelaskan saat kejadian dia bersama anak dan istrinya berada di rumah. “Dapur kami amblas perlahan-lahan, sehingga kami bisa menyelamatkan barang. Kami tak mengungsi, karena rumah bagian depan masih bisa ditempati,” ujar Ismail. Tapi, ia berharap Pemkab Aceh Utara segera mencari solusi penanganan erosi di desa tersebut.

Ketua Pemuda Desa Gunci, Safrizal, berharap Pemkab Aceh Utara segera memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya amblas. “Minimal diberikan bantuan masa panik,” harapnya.

Kadis Sumber Daya Air Aceh Utara, Ir Mawardi, mengatakan untuk mengatasi erosi di Desa Gunci, Dinas Pengairan Aceh tahun 2011 sudah pernah membangun beronjong di beberapa titik rawan erosi. Karena arus sungai sangat deras, menurut Mawardi, tebing sungai labil sehingga sebagian beronjong tergerus erosi. “Kita segera lapor masalah ini ke Dinas Pengairan Aceh. Kita harap, ke depan Dinas Pengairan Aceh membantu lagi penanggulangan erosi di kawasan itu,” harapnya.(c46)

Editor : bakri

Sumber:"Serambinews.com"

About the Author

Posted by Bahar.Nor on 9:43 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Bahar.Nor on 9:43 AM. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Erosi Mengganas, Dua Rumah Ambruk"

Leave a reply