Headlines
Published On:Thursday, August 30, 2012
Posted by Bahar.Nor

Tiga Anak Tgk Ahmad Dewi Kembali ke Idi Cut

IDI - Setelah 21 tahun meninggalkan kampung halaman, dua putra dan seorang putri almarhum, Tgk H Ahmad Dewi, yang mengasingkan diri ke Mesir dan India, kini telah kembali ke kampung halamannya di Bantayan Idi Cut, Gampong Keude, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Senin (27/8).

Ketiganya yakni, H Fatahillah (26), Cut Fatimah Dewi (25), dan Abdul Aziz (23). Kepulangan tiga anak dari pasangan H Ahmad Dewi-Khairiyah ini disambut hangat oleh puluhan alumni Balai Tempat Menuntut (BTM) dan kakak kandung H Ahmad Dewi yakni Tgk Mukhsinullah (Abu Cek).

Mereka lalu dipeusijuek yang dipusatkan di Mushalla Dayah BTM di Bantayan Idi Cut Senin (27/8). Usai penyambutan, Pimpinan Ponpes Darussa’adah Cabang Idi Cut, Tgk H Saiful Anwar di hadapan para alumni BTM Idi Cut meminta agar Dayah BTM yang sudah 21 tahun terbengkalai agar bisa segera diaktifkan kembali.

Dikatakannya, para orangtua di Idi Cut siap membantu dan mendoakan agar dayah milik almarhum H Ahmad Dewi ini diaktifkan kembali dibawah pimpinan H Fatahillah bersama dua saudara kandungnya. “Saya meminta seluruh alumni membantu H Fatahillah dan keluarga dalam membangun kembali Ponpes BTM yang dibangun oleh almarhum H Ahmad Dewi tahun 1970-an,” katanya.

Kepada wartawan, Fathahilah mengaku bahwa ia pulang ke kampungnya hanya bertujuan untuk membangun dayah BTM. “Semoga para ulama dan tokoh masyarakat di Aceh Timur akan mendukung kami,” tambahnya.

H Fatahillah adalah anak pertama H Ahmad Dewi. Setelah menamatkan SD di Lhokseumawe dan SMP serta SMA di Sumatera Utara, Fatahillah melanjutkan pendidikannya ke University Al-Azhar Mesir dan tahun 2011 berhasil menamatkan S-2 di India. “Kami insya Allah sangat mengharapkan doa dan dukungan dalam membangun kembali Dayah BTM ini,” kata Fatahillah singkat di sela-sela peusijuek.

Seperti diketahui, Tgk H Ahmad Dewi adalah salah seorang ulama Aceh yang dikenal pemberani dan kerap mengkritisi kebijakan pemerintah bila tidak memihak kepada rakyat. Ahmad Dewi hilang pada saat pemerintah menerapkan operasi militer di Aceh. Dikabarkan, Tgk Ahmad Dewi hilang ketika hendak menjenguk kakak kandungnya yang dikabarkan ditangkap petugas pada Senin 23 Februari 1991 sekitar pukul 14.00 WIB di kawasan Dreng Batre II, Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur. Hingga kini jejak H Ahmad Dewi tidak diketahui dan pihak keluarga menganggap penceramah kondang itu sudah kembali menghadap sang Khalik.(yuh)

Editor : bakri

Sumber:"Serambinews.com"

About the Author

Posted by Bahar.Nor on 10:43 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Bahar.Nor on 10:43 AM. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Tiga Anak Tgk Ahmad Dewi Kembali ke Idi Cut"

Leave a reply